back

SEJARAH
SMP MUHAMMADIYAH TENGGARONG

  • Mimi Makhrita, S.Pd

    Kepala Sekolah (Periode Ke-enam)
    Tahun Menjabat 2016-sekarang

  • Helmi Sumarto

    Kepala Sekolah (Periode Pertama)
    Tahun Menjabat 1988-1996

  • Dawud

    Kepala Sekolah (Periode Kedua)
    Tahun Menjabat 1996-2000

  • Sukira HF, S.Pd

    Kepala Sekolah (Periode Ketiga)
    Tahun Menjabat 2000-2004

  • Muhajir, S.Pd

    Kepala Sekolah (Periode Ke-Empat)
    Tahun Menjabat 2004-2012

  • Sukar S.Pd

    Kepala Sekolah (Periode Kelima)
    Tahun Menjabat 2012-2016

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammdiyah Tenggarong berdiri pada tanggal 17 Februari 1988. Sekolah swasta yang mengedepankan pendidikan agama islam ini awalnya menumpang di SD Negeri 011 yang terletak di Jalan Delta kelurahan Loa Ipuh kecamatan Tenggarong. Pada masa-masa awal berdirinya (periode pertama), sekolah ini dipimpin oleh Bapak Helmi Sumarto (almarhum), kemudian dilanjutkan oleh Bapak Dawud (periode kedua). Pada kepemimpinan periode kedua inilah SMP Muhammadiyah berpindah ke gedung Muhammadiyah yang terletak di jalan Danau Aji Tenggarong. Regenerasi kepemimpinan terus berlanjut, dan setelahnya, sekolah ini dikepalai oleh Bapak Sukira HF, S.Pd (periode ketiga). Pada periode ke-empat, sekolah ini dipegang oleh Bapak Muhajir, S.Pd (Almarhum). Pada kepemimpinan belaiulah SMP ini dipindah ke gedung sendiri yang berada di Jl. AM. Alimuddin (Klambu Kuning) hingga saat ini. Berlanjut pada kepemimpinan selanjutnya yaitu periode kelima, SMP Muhammadiyah dipimpin oleh Bapak Sukar S.Pd yang berakhir pada Juni 2016 lalu. Pada kepemimpinan periode kelima tersebut, sekolah ini terakreditasi (B) dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah. Regenerasi kepemimpinan terus berjalan di sekolah ini. Kini SMP Muhammadiyah dikepalai oleh Ibu Mimi Makhrita, S.Pd yang resmi menjabat mulai tahun ajaran 2016/2017.

Tercatat, hingga tahun ajaran 2016/2017 ini, SMP Muhammadiyah memiliki 5 rombongan belajar dan terdapat 135 siswa-siswi yang mengemban ilmu didalamnya.  SMP Muhammadiyah memiliki kemampuan akademik sedang berdasarkan nilai SKHU/UASBN dan tes tertulis pada saat penerimaan siswa baru maupun nilai raport. Pada umumnya peserta didik memiliki minat dan motivasi belajar yang cukup baik dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini merupakan modal utama sebagai pendorong peserta didik untuk terus maju, berprestasi dan lebih baik.

Siswa-siswi SMP Muhammadiyah Tenggarong memiliki potensi dan kemampuan di bidang akademik dan non akademik. Hal ini karena prestasi yang diperoleh dari berbagai event dan perlombaan. Diantaranya :

  1. Juara lomba mengarang bahasa Inggris (Tingkat Babupaten)
  2. Juara Lomba Pidato Bahasa Indonesia (Tingkat Babupaten)
  3. Juara Lomba Pidato Bahasa Inggris (Tingkat Babupaten)
  4. Juara Scrabbel Tingkat SMP (Tingkat Babupaten)
  5. Juara Baca Puisi (Tingkat Babupaten)
  6. Juara Lomba Senam Ritmik (Tingkat Babupaten)
  7. Juara Lomba Renang (Tingkat Babupaten)
  8. Juara Lomba Kepanduan (Tingkat Babupaten dan Provinsi)

Dengan potensi tersebut, maka SMP Muhammadiyah memiliki inovasi 65 % terlengkap dengan rincian peralatan mata pelajaran IPA dan Matematika 70%  terpenuhi, IPS 50% terpenuhi, Bahasa 90% terpenuhi, dan TIK 75% Terpenuhi.

Biaya operasional SMP Muhammadiyah Tenggarong berasal dari dana rutin subsidi pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pengganti BP3) dan Bantuan operasional sekolah dari APBN yang tersusun dan terprogram secara rinci dalam anggaran pendapatan belanja sekolah.

Peran serta masyarakat (Komite Sekolah, MGMP dan Dinas Pendidikan) terhadap sekolah cukup baik. Komite sekolah sangat mendukung kemajuan sekolah terutama dalam bentuk pemikiran karena peran dewan pendidikan belum dapat dirasakan oleh warga sekolah. Dinas Kabupaten kian aktif mendorong kegiatan, terutama dalam penyusunan Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), MKKS/MGMP yang memberikan kontribusi yang baik terutama dalam peningkatan profesionalisme guru dalam rangka peningkatan mutu SMP Muhammadiyah Tenggarong dimasa depan.