Kerjasama Cambridge University membuahkan Hasil

Kerjasama Cambridge University membuahkan Hasil

Program kerjasama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab. Kukar) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kab. Kukar bersama Cambridge University Press dalam peningkatan mutu pendidikan khususnya dalam berbahasa Inggris mulai mebuahkan hasil. Sebanyak 40 dari ribuan guru Bahasa Inggris yang sudah melalui tahap seleksi mendapatkan kesempatan belajar di Cambridge University, London, Inggris, awal bulan Oktober 2016 mendatang.

Sebelum berangkat ke London, 40 guru yang terdiri dari 16 guru SMP, 17 guru SMA dan 7 guru SMK se-Kab.Kukar tersebut mendapatkan arahan dari Bupati Kab. Kukar, Rita Widyasari di Pendopo Bupati Odah Etam. Selasa, (12/07/2016) kemarin.

Kepala Disdik Kab. Kukar, Wiyono menjelaskan jika program kerjasama Pemkab. Kukar melalui Disdik bersama Cambridge University Press ini sudah berjalan sejak 2014 dan merupakan salah satu program kerja Bupati Kab. Kukar yang tertuang dalam Visi dan Misi Program ”Gerbang Raja” khususnya Visi ke 2 yaitu peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Yang menjadi prioritas dalam peningkatan SDM adalah kesehatan dan Pendidikan.

”para guru terpilih ini akan mengikuti pelatihan selama enam minggu lamanya dari dosen-dosen di Cambridge University. Rombongan akan berangkat pada tanggal 3 Oktober 2016 dan kembali lagi ke tanah air pada tanggal 11 November 2016. Rombongan akan diantar langsung oleh Bupati Kukar Rita Widyasari dan didampingi tim dari Disdik,” jelas Wiyono.

Dengan adanya program ini diharapkan Kedepan siswa-siswa Kukar bisa bersaing dengan negara-negara lain bahkan bisa melanjutkan pendidikan keluar negeri tanpa melalui tes khususnya untuk bahasa inggris bahkan saat Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini menunjukaan perdagangan bebas Asia Tenggara dan tentunya membutuhkan tenaga-tenaga teknis. ”ketika ini terjadi dan kita tidak mampu bersaing tentunya kita akan menjadi penonton di daerah kita sendiri. Hal inilah yang tidak diinginkan ibu Bupati Kita,” ujar Kepala Disdik Kab. Kukar ini.

Dikutip dari pernyataan Bupati Kab. Kukar saat menerima kedatangan Asean Director of Cambridge University Press T.V Govinda dan Duta Besar Inggris Raya untuk Indonesia, Moazzam Malik dalam acara simbolis penerapan program Cambridge English yang berlangsung di pendopo Bupati Kukar. Rabu, (17/06/2014) lalu. Rita Widyasari menjelaskan jika terjadinya Memorandum of Understanding (MoU) antar Pemkab. Kukar dan Cambridge University atas dasar keinginan untuk memajukan Kabupaten Kukar.

”kami juga ada MoU, jika ada anak – anak yang berbakat akan kita sekolahkan ke Cambridge University dengan beasiswa dari Cambridge. Idenya dari keinginan saya untuk Kutai Kartanegara ini lebih maju, kita pintarkan dulu guru dan anak – anak kita, jadikan bahasa Inggris bahasa pengantar kedua sehingga kedepan kita bisa bersaing. Sekarang ini banya Sumber Daya Alam, banyak pula tenaga asing karena kita sendiri tidak bisa berbahasa Inggris. Mudah – mudahan kedepan itu bisa tergeser, apalagi pariwisata kita saat ini lagi pesat-pesatnya dengan jumlah pengunjung 1,1 juta per tahun. Kenyataannya hanya sebagian yang bisa berkomunikasi dengan mereka, termasuk PNS kita yang banyak belum bisa berbahasa Inggris. Kita akan buat Kutai Kartanegara seperti di Bali, sampai tukang becak saja bisa bahasa Inggris,” uangkap Rita pada saat itu.

Ke 40 guru ini juga masih akan mendapatkan pembekalan pada 18 Juli hingga 31 Agustus 2016 sebelum keberangkatan pada awal Oktober 2016 serta wawancara visa di Jakarta.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *